web hosting murah, domain, VPS server
Home Domain Name Web HostingVPS Server Reseller Hosting Support Center Order!!

» Domain Name
» Hosting Linux (CPanel)
» Hosting Windows (H-Sphere)
» Reseller Hosting
» GIS Hosting *new*
» Konfirmasi Pembayaran
» Customer Support
» Term of Service
» Klien Kami
» Kontak Kami

» Customer Login
» Teknologi
» Fantastico
» DataCenter & Network

Pandanaran Hosting Uptime
business web hosting
Server Counter:
4 Server 33 VPS Managed

Agus :

Harsono :

Hidayat :

Zaenal :

Jika Staff OFFLINE, Anda dapat menyampaikan permasalahan & pertanyaan via Support Tiket di sini

Bank BCA

Lippobank

Pembayaran dengan PayPal dan Kartu Kredit (Credit Card)

 
 
 
 
 
Client Portal Area Klien Pengumuman Panduan Tiket Support Tutorial Flash

Panduan
Anda disini: Client Portal > Panduan > General (Umum) > Apa yang dimaksud dengan Nama Domain?

Apa yang dimaksud dengan Nama Domain?

Nama domain adalah nama unique yang digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah website di internet. Pada awalnya pengalamatan sebuah website di internet sebenarnya dikenali dengan sederetan angka yang disebut IP Address, misalnya: 192.168.0.1. Namun seiring perkembangannya, untuk lebih memudahkan untuk mengenali dan mengingatnya, digunakan penamaan dengan menggunakan sebuah nama pada pengalamatan IP Address tersebut. Nama inilah yang disebut dengan Nama Domain (Domain Name). Nama Domain bersifat unique yang berarti 1 nama domain tidak dapat didaftarkan oleh 2 pemilik yang berbeda.

Nama domain terdiri dari 2 bagian, yaitu nama Anda/usaha anda dan Akhiran.  Nama anda/usaha anda dapat berupa Nama Lengkap Anda, Nama Perusahaaan, Produk Anda, Servis Anda, Organisasi Anda, Kelompok Anda dan sebagainya. Sedangkan Akhiran ada sekitar 160-an akhiran yang dapat anda pilih namun yang paling umum biasanya .com, .net, .org, atau .info. Contoh nama domain adalah pandanaran.com dimana Pandanaran adalah nama anda/usaha anda dan .com adalah akhirannya.

Nama domain dapat anda daftarkan sebanyak mungkin selama Nama Domain tersebut masih tersedia dan belum dibeli/didaftarkan oleh orang lain. Nama domain itu sesungguhnya tidak Anda "beli", mungkin lebih tepat Anda sewa berhubung pendaftaran nama domain itu dihitung per tahun. Jika Anda mendaftarkan sebuah nama domain, maka nama domain tsb milik Anda selama Anda memperpanjangnya. Apabila nama domain Anda tersebut telah expired/jatuh tempo dan Anda tidak memperpanjangnya, maka nama domain tersebut dapat lepas ke umum dan didaftar/dimiliki oleh orang lain.

Memilih Nama Domain

Memilih nama domain yang tepat untuk perusahaan Anda sangatlah mempengaruhi masa depan perusahaan Anda di Internet. Namun sebelum mulai mencari nama domain yang tepat untuk anda atau perusahaan anda, ada baiknya anda mengetahui terlebih dahulu aturan dasar penamaan domain.

Beberapa aturan dasar pada nama domain:

  • Huruf besar ataupun kecil tidak berpengaruh

  • Nama domain tidak dapat diawali atau diakhiri dengan tanda minus. Nama Domain hanya dapat mengandung karakter alpha-numeric (0-9, A-Z) dan tanda minus(-).

  • Panjang maksimum nama domain adalah 63 karakter, tidak termasuk 4 karakter pada TLD (.com .net .org)

  • Beberapa registrar tidak memperbolehkan penggunaan numeric (0-9) pada awal nama domain

Untuk mulai memilih nama domain beberapa tips yang bisa anda jadikan rujukan sbb:

  • Nama domain sebaiknya mudah diingat dan sependek mungkin

  • Nama domain sebaiknya berupa nama perusahaan, nama jenis usaha anda atau yang menggambarkan konten website anda. Misal: mtv.com, kompas.com, furniture.com, dll

  • Akhiran .COM lebih dikenal masyarakat umum dibandingkan dengan akhiran lainnya sehingga akan lebih baik jika anda menggunakan akhiran .COM untuk nama domain anda.

  • Hindari penggunaan huruf ganda pada nama komputer untuk menghindari kesalahan penulisan misal naiffurniture.com. Akan lebih baik jika anda memberi tanda pemisah pada huruf ganda sehingga menjadi naif-furniture.com

  • Hindari nama domain yang menyerupai nama asing untuk menghindari kesalahan penulisan misal rugijaya-kom.com.

  • Jika situs website anda berisi konten yang vital misal e-commerce, e-banking, dll ada baiknya anda membeli juga semua domain yang hampir mirip dengan nama domain utama. Hal ini berguna untuk menghindari pembelokan nama domain seperti halnya kasus nama domain klikbca.com

Nama Domain Sepenuhnya Menjadi Milik Anda

Pandanaran akan membantu mendaftarkan nama domain untuk Anda dan Anda akan menjadi Pemilik sepenuhnya dari nama domain tersebut. Segala informasi domain seperti Registrant/Owner Contact (Pemilik), Administrative,  Billing Contact, dan Technical Contact akan merujuk kepada Nama Anda atau Nama Perusahaan Anda. Pandanaran hanya akan membantu mendaftarkan dan menangani segala hal yang berhubungan dengan teknis nama domain.

Selain itu kami juga menyediakan interface domain manager untuk membantu anda mengelola segala hal yang berhubungan dengan nama domain anda sendiri tanpa perlu menghubungi Kami. Melalui Domain Manager kami, anda dapat menggunakan fasilitas-fasilitas kami sbb:

  • Mengubah informasi kepemilikan nama domain anda

  • Mengubah status security domain (Lock/Unlock Domain) untuk menghindari transfer domain oleh orang lain

  • Mengubah Name Server dan Child Name Server sendiri jika anda berencana menggunakan hosting pada perusahaan hosting lain.

  • Melakukan transfer domain sendiri.

  • Mengetahui status billing dan tgl berakhirnya domain anda

  • dan lainnya

Jadi, jika Anda memilih memindah nama domain tersebut ke perusahaan web hosting lain, Anda dapat dengan mudahnya memindahkan domain Anda berhubung Anda sendiri yang memanage nama domain tersebut. Anda berhak karena Anda adalah pemilik dari domain itu sendiri. Beberapa perusahaan bahkan tidak menerangkan mengenai hak kepemilikan domain itu sendiri, kami dari Pandanaran meyakinkan bahwa kami tidak pernah berusaha menahan atau menyusahkan client kami di perusahaan kami. 



Apakah jawaban ini membantu ?

Masukkan ke favorit
Cetak artikel ini

Juga Baca

Powered by WHMCompleteSolution


Bahasa:

Home » Domain Name » Web Hosting » Klien Kami » Suppport » Term of Service » Privacy Policy
Jl. Klipang Pesona Asri 3 Blok G1/118, Semarang
Telp. (024) 76580466, 0856.4130.5595

Copyright 2004 Pandanaran.com
All Rights Reserved

Links